jawaban kisi kisi bocoran rekayasa web full ~ Life is An Adventure

Kamis, 10 November 2011

jawaban kisi kisi bocoran rekayasa web full

1. apa yg anda ketahui tentang XML?
2. apa yg anda ketahui tentang web 1.0, 2.0 dan 3.0 jelaskan?
3. apa yg diperlukan untuk membuat web apliksi,sebut n jelaskan?
4. metode2 apa yg digunakan dalam pembuatan web?
Jawaban::
1. XML (eXtended Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyimpan data (tidak ada program) dan tidak tergantung dengan tools tertentu (seperti editor, dbms, compiler, dsb).
2. a) Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.
b) Web 2.0
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut O’Reilly media):
* The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
* Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
* Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
* End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
* Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)
c) Web 3.0
Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :
* Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya 
sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
* The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
* The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
* The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)
3.- Kebutuhan pengguna à menyangkut tentang  apa saja yang bisa dilakukan oleh sistem sesuai dengan  kebutuhan pengguna.
  -Konten web à informasi dan pengorganisasian pada situs web, memutuskan informasi apa saja yang harus ditampilkan         pada situs web, batas pemerinciannya dan bagaimana informasi itu dikelola pada situs web.
-Perilaku sistem  :  mengacu pada kemampuan sistem untuk memenuhi perintah pengguna
-Use case : adalah sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk menandakan interaksi dan dialog antara pengguna dan sistem itu sendiri.
-model data : Bagian penting dari sebuah aplikasi dan  Model data flexibel untuk menyesuaikan perubahan-perubahan yang dibutuhkan .
-Antarmuka : Berdasarkan infrastruktur  teknologi pengorganisasian yang ada dan kebutuhan pengguna . Sebagai visualisasi untuk berkomunikasi dengan sistem.
-Keputusan arsitektur : yaitu  merupakan langkah lanjutan dari use case dan analisis kebutuhan. Untuk aplikasi web dinamis dan proses logika bisnis, ada tiga komponen yang diperlukan, yaitu : client, server web dan server aplikasi
4. macam model pengembangan web
1.web rapid application development: adalah proses pengembangan situs web Dimana pihak designer tidak memerlukan banyak diskusi dengan pihak klien.web dapat diselesaikan dengan cepat tapi kekurangannya juga perlu dipertimbangkan lagi.
2.waterfall model : Adalah proses pembuatan situs web secara terstruktur dan berurutan dimulai dari penentuan masalah, analisa kebutuhan, perancangan implementasi, integrasi, uji coba sistem, penempatan situs web dan pemeliharaan
3. modified waterfall model: Pada dasarnya metode ini adalah pengyempurnaan dari metode air terjun (waterfall mode). Hal ini disebabkan karena adanya kelemahan yang sangat mendasar dari waterfall model. Yaitu pada tahap penentuan masalah dan analisa kebutuhan menjadi tulang punggung keberhasilan proyek pembuatan situs web. 

0 komentar:

Posting Komentar