JAWABAN KISI-KISI PEMELIHARAAN S.I 1 -11 ~ Life is An Adventure

Jumat, 04 November 2011

JAWABAN KISI-KISI PEMELIHARAAN S.I 1 -11



Jawaban Pemeliharaan s.i
1.      Komponen software adalah :

        program =  adalah sebuah standar tools berisi kode dan objek kode bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah perangkat lunak  .

        documentation = adalah semua kegiatan dokumentasi dari awal tahap perancangan perangkat lunak hingga tahap implementasi sistem. Contohnya analisis dan spesifikasi,design ,implementasi dan testing.


        prosedur operasi = adalah sebuah instruksi dimana sebuah pengaturan awal hingga panduan sebuah perangkat lunak harus ketika dijalankan,dan juga berisi instruksi-instruksi bagaimana menangani ketika terjadi kegagalan dalam perangkat lunak

2.      Faktor yang memotivasi pemeliharaan s.i

        To provide continuity of service(memberikan kontinuitas pelayanan) : Sistem harus terus berjalan. Kegiatan pemeliharaan bertujuan untuk mempertahankan operasional sistem termasuk bug-fixing(perbaikan kesalahan), pemulihan dari kegagalan, dan mengakomodasi perubahan sistem operasi dan perangkat keras.
        To support mandatory upgrades (Untuk mendukung perbaikan yang harus) : jenis perubahan ini menjadi penting karena mengacu peraturan pemerintah e.g. perubahan dalam undang-undang pajak akan mengharuskan modifikasi dalam perangkat lunak yang digunakan oleh kantor pajak.
        To support user request for improvement (Untuk mendukung permintaan perbaikan dari pengguna ): Secara keseluruhan, semakin baik sebuah sistem, semakin banyak pengguna maka permintaan fungsi perangkat tambahan juga meningkat.
        To facilitate future maintenance work (Untuk memudahkan pekerjaan pemeliharaan masa depan )


3.      Fitur pada maintenance processes

        Mengetahui kebutuhan pendukung yaitu proses mencari tahu secara tepat seperti apa sebuah perubahan  yang dibutuhkan. Kebutuhan dan masalah-masalah pengguna hanya menjadisecara  jelas saat sistem telah digunakan/dijalankan.
        Kreatifitas dan asumsi tidak terdokumentasi
        Variasi dalam praktisi pemrograman.
        Pergantian pola pikir
        Pola pikir yang mati untuk menuju sebuah sistem yang hidup
        Koreksi dan deteksi kesalahan

4.      Tipe perubahan pada perangkat lunak
-Perubahan secara korektif
        Perubahan korektif mengacu pada modifikasi diprakarsai oleh cacatnya pada piranti lunak

Perubahan adaptif
-Perubahan adaptif adalah perubahan didorong oleh kebutuhan untuk                          mengakomodasi perubahan dalam lingkungan sistem perangkat lunak.

-Perubahan secara perfektif
        Perubahan yang dilakukan untuk memperluas persyaratan yang ada dari suatu sistem.


pencegahan Perubahan
- Perubahan Pencegahan dilakukan untuk mencegah kerusakanatau untuk meningkatkan pemeliharaan perangkat lunak

5.      Batasan –batasan pada software
-Kematangan dan kesulitan dari domain aplikasi :
Kebutuhan-kebutuhan aplikasi yang telah lama digunakan dan dipahami dengan baik, kecil kemungkinannya mengalami modifikasi besar daripada instalasi aplikasi-aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan. Sebagai contoh, rekening dan paket gaji mungkin akan memenuhilebih sedikit permintaan untuk perubahan kebutuhan dari sistem informasi medis.

-Quality of the documentation:
Kurangnya dokumentasi sistem yang up-to-date adalah salah satu masalah
utama yang dihadapi mainteners perangkat lunak.
-Complexity of programs
Program structure

-Kemampuan hidup program: Sifat produk perangkat lunak membuat modifikasi dapat terjadi karena tidak sesuai dengan hardware. 

Inherent quality:
Sifat evolusi suatu produk perangkat lunak terkait erat dengan sifat program

6.      Solusi potensial pada pemeliharaan s.i
Sejumlah kemungkinan masalah yang muncul di solusi pemeliharaan sistem yaitu meliputi:
·         Budget and effort reallocation (Upaya realokasi anggaran dan biaya)
·         Pergantian sistem yang mutlak/lengkap.
·         Pemeliharaan dari sistem yang sudah ada.
·         Biaya pemeliharaan sistem di banyak organisasi telah diamati untuk rentang dari 40% menjadi 70% dari sumber daya yang dialokasikan untuk seluruh siklus hidup perangkat lunak.
·         Penting untuk memahami apa yang dimaksudkan dengan istilah yang mendasari , perangkat lunak, pemeliharaan, dan evolusi maintainability, untuk memahami pentingnya pemeliharaan perangkat lunak dan bagaimana menjadi cocok dalam konteks dunia modern.
·         Pemeliharaan perangkat lunak dan pengembangan piranti lunak, meskipun hampir sama tapi sebenarnya berbeda. Penting bagi mereka yang terlibat dalam pemeliharaan sepenuhnya untuk menghargai perbedaan.
·         Seperti pada bidang lainnya, pemeliharaan perangkat lunak didasarkan pada teori dasar dan kemudian menjadi seorang maintener.

7.      Code and fix model adalah sebuah model pengembangan dimana penulisan sebuah kode dan perbaikan dilakukan secara berkesinambungan. Model ini mengembangkan software dengan cara membuat program dan kemudian diperbaiki jika terdapat kesalahan. Model ini merupakan model awal yang digunakan untuk mengembangkan software. Namun sejak tahun 1970-an, model ini mulai ditinggalkan dan dikembangkan model waterfall yang memberikan metodologi lebih sistematik dan sangat membantu terutama pada proyek-proyek yang besar. Namun kesulitan pada model waterfall adalah perlu adanya informasi yang lengkap pada setiap tahapnya, dan bukan sesuatu hal yang mudah untuk mendapatkan informasi tersebut. Pada prakteknya, sering tidak mungkin untuk menulis dokumentasi kebutuhan yang lengkap sebelum dibangun prototipe. Sehingga yang terjadi adalah “kerja dua kali”, membuat prototipe, kemudian dari prototipe diperoleh informasi kebutuhan dan barulah dibangun sistem final.

8.      Hal-hal yang perlu dipahami selama pemeliharaan berlangsung
·         Maintenance personnel – Orang-orang yang terlibat dalam perawatan perangkat lunak. Dalam hal ini dapat diartikan juga orang-orang yang telah membuat ,memelihara atau memperbaiki sistem perangkat lunak.
·         Maintenance  process - aktivitas  yang dilakukan atau tindakan yang diambil personil pemeliharaan selama pemeliharaan perangkat lunak,  
·         Operating Environment -  sistem Perangkat lunak dan perangkat keras yang mempengaruhi produk perangkat lunak
·         Organizational environment Organisasi yang mempengaruhi produk perangkat lunak
·         Safety-critical - Sistem yang mengalami kegagalan dapat mengakibatkan kematian, kerusakan, kerugian besar ekonomi dan lingkungan
·         Safety-related - Kegagalan sistem secara signifikan dapat meningkatkan resiko kerusakan .
·         Software maintenance framework - konteks dan lingkungan dimana kegiatan pemeliharaan perangkat lunak akan dilakukan..

9.      Pengetahuan dan Kepentingannya dalam pemahaman program :
·         Masalah domain : kegunaanya untuk membantu dalam estimasi sumber daya dan untuk memandu pemilihan algoritma, metodologi, dan personil yang sesuai.
·         Efek eksekusi  : kegunaanya untuk menentukan sudahkah sesuai dengan efek yang diinginkan pada sebuah perubahan
·         Penyebab efek hubungan : untuk menetapkan lingkup perubahan dan untuk memprediksi effek riak juga melacak kendali alur data.
·         Produk hubungan dengan lingkungan : untuk memastikan seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap suatu produk dan program pokoknya.
·         Fitur pendukung keputusan : untuk mendukung manajemen dan teknik dalam proses pengambilan keputusan

10.   Maintenance dan informasi
a.       The bug-fixing view - pemeliharaan adalah deteksi dan koreksi dari kesalahan,
b.      The need-to-adapt view - pemeliharaan adalah perubahan pada saat perangkat lunak beroperasi atau perubahan sesungguhnya yang dibutuhkan,
c.       The user-support-view - pemeliharaan pemberian dukungan untuk pengguna.

11.  Tahapan proses pemodelan
·         Penentuan dan analisis spesifikasi
Jasa, kendala dan tujuan dihasilkan dari konsultasi dengan pengguna sistem. Kemudian semuanya itu dibuat dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh user dan staf pengembang.
·         Desain sistem dan perangkat lunak
Proses desain sistem membagi kebutuhan-kebutuhan menjadi sistem perangkat lunak atau perangkat keras. Proses tersebut menghasilkan sebuah arsitektur sistem keseluhan. Desain perangkat lunak termasuk menghasilkan fungsi sistem perangkat lunak dalam bentuk yang mungkin ditransformasi ke dalam satu atau lebih program yang dapat dijalankan.
·         Implementasi dan ujicoba unit
Selama tahap ini desain perangkat lunak disadari sebagai sebuah program lengkap atau unit program. Uji unit termasuk pengujian bahwa setiap unit sesuai spesifikasi.
·         Integrasi dan ujicoba sistem
Unit program diintegrasikan dan diuji menjadi sistem yang lengkap untuk menyakinkan bahwa persyaratan perangkat lunak telah dipenuhi. Setelah ujicoba, sistem disampaikan ke kastamer
·         Operasi dan pemeliharaan
Program yang telah dijalankan dilakukan sebuah pengawasan dan pemeliharaan secara insentif


0 komentar:

Posting Komentar